Translate

Sabtu, 01 April 2017

Apa itu (SOP)

A. Pengertian SOP

Suatu standar/pedoman tertulis yang dipergunakan untuk mendorong dan menggerakkansuatu kelompok untuk mencapai tujuan organisasi.SOP merupakan tatacara atau tahapan yang dibakukan dan yang harus dilalui untuk menyelesaikan suatu proses kerja tertentu.

B. Tujuan SOP

Agar petugas/pegawai menjaga konsistensi dan tingkat kinerja petugas/pegawai atau timdalam organisasi atau unit kerja.Agar mengetahui dengan jelas peran dan fungsi tiap-tiap posisi dalam organisasi.Memperjelas alur tugas, wewenang dan tanggung jawab dari petugas/pegawai terkait.Melindungi organisasi/unit kerja dan petugas/pegawai dari malpraktek atau kesalahanadministrasi lainnya.Untuk menghindari kegagalan/kesalahan, keraguan, duplikasi dan inefisiensi
    
C. Fungsi SOP

Memperlancar  tugas  petugas/pegawai  atau   tim/unit  kerja.
Sebagai  dasar  hukum   bila  terjadi   penyimpangan.Mengetahui dengan  jelas   hambatan-hambatannya  dan  mudah   dilacak.Mengarahkan petugas/pegawai untuk sama-sama disiplin dalam bekerja.Sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin. Dalam menjalankan operasional perusahaan , peran pegawai memiliki kedudukan dan fungsiyang sangat signifikan. Oleh karena itu diperlukan standar-standar operasi prosedur sebagaiacuan kerja secara sungguh-sungguh untuk menjadi sumber daya manusia yang profesional,handal sehingga dapat mewujudkan visi dan misi perusahaan.


D. Referensi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar